Slider

Menciptakan Produk yang Unik dan Berbeda

Ini Dia Petunjuk Lengkap Menciptakan Produk yang Unik dan Berbeda

Jika Anda ingin sukses sebagai pengusaha, jangan sampai berhenti untuk berinovasi. Bahkan, inovasi saja tidak cukup, pastikan juga Anda terus menghasilkan produk yang unik dan berbeda dari kompetitor Anda. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasan berikut ini!

Bagaimana Cara Mengubah Ide Menjadi Produk

Seseorang mungkin memiliki ribuan ide setiap harinya. Pertanyaan utamanya, apakah Anda siap untuk mengubah ide tersebut menjadi sebuah produk? Ide hanya akan sebatas mimpi tanpa sebuah usaha untuk mengubahnya menjadi suatu bentuk yang nyata.

Batas antara keduanya sangat tipis dan ketika Anda menyaksikan ide Anda telah dikembangkan terlebih dahulu oleh kompetitor Anda, Anda hanya bisa mengatakan, “Aku sebelumnya pernah memilikirkan ide tersebut, jika saja aku mewujudkannya ketika itu.”

Yah, nasi telah menjadi bubur dan mengenai inovasi, yang pertama mempublikasikannya ke pasaran akan menjadi pemenangnya. 

Jika Anda memiliki ide cemerlang atau bahkan aneh sekalipun, jangan ragu untuk mengubahnya menjadi suatu produk yang luar biasa. Ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah sebuah ide menjadi produk. 

  1. Dokumentasikan

Ketika sebuah ide hanya ada di pikiran Anda, maka ada kemungkinan ide tersebut akan hilang tanpa terealisasikan. Lebih buruknya, orang lain mungkin telah memikirkan ide yang sama dan telah membuat produk serupa. 

Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Mudah, tulis ide Anda, mulai dari fitur-fitur yang ingin Anda buat, cara mempromosikan produk tersebut, siapa yang akan menjadi target pasar Anda dan lain sebagainya.

  • Buat Prototipe

Prototipe atau purwarupa merupakan bentuk awal dari produk yang akan Anda buat nanti. Prototipe biasanya dibuat untuk memastikan bahwa ide yang Anda miliki benar-benar bisa direalisasikan. 

Semetara itu, prototipe juga dibuat untuk memudahkan komunikasi antar anggota tim maupun usermengenai produk bersangkutan. Dengan begitu, ide-ide baru dan segar untuk pengembangan produk tersebut pun akan lebih mungkin muncul. 

  • Jangan Biarkan Ide Anda Dicuri

Kenyataannya, ide bagus sangat mungkin dicuri oleh pihak-pihak lain yang ingin menyaingi Anda. Lalu, bagaimana mencegah hal tersebut? Jawabannya, tentu saja segera patenkan inovasi Anda!

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengajukan permohonan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, memenuhi berkas-berkas yang dibutuhkan, membayar Rp 750.000,00 sebagai biaya permohonan paten, lalu akan dilakukan pemeriksaan oleh Ditjen KI. Jika sudah disetujui, Anda akan memperoleh Sertifikat Hak Paten. 

Mengapa Anda Harus Terus Berinovasi

Mudahnya, industri yang Anda geluti pasti akan terus berkembang mengikuti kebutuhan konsumen. Jika Anda tidak berinovasi, sudah pasti Anda akan tertinggal dari kompetitior Anda. Inovasi akan membawa perkembangan baik bagi komunitas maupun perusahaan itu sendiri. 

Secara komunitas, diharapkan inovasi bisa menjawab kebutuhan masyarakat dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada, serta mendorong pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

Sementara secara internal, inovasi dibutuhkan untuk menjamin seluruh pekerjaan bisa dilakukan secara efektif dengan produktivitas yang tinggi pula. Contohnya adalah perkembangan teknologi yang dapat digunakan untuk automisasi berbagai hal, sehingga pekerjaan berulang yang biasanya dilakukan secara manual bisa disingkirkan. 

Secara lebih lanjut lagi, inovasi memudahkan pertumbuhan dari perusahaan itu sendiri. Terutama ketika perusahaan Anda bermula dari startupkecil dengan mimpi besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas, inovasi baik dari segi produk maupun sistem kerja harus terus dilakukan. 

3 Kiat Sukses Menciptakan Produk Unik dan Berbeda

Bayangkan seorang konsumen menggenggam dua produk dengan merk yang berbeda. Ia menimbang-nimbang produk mana yang harus ia beli. Pertanyaannya adalah bagaimana cara Anda membuatnya memilih produk Anda ketimbang produk kompetitor lain tersebut?

Ada 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan produk Anda unik dan lebih menarik untuk dipilih oleh pelanggan Anda.

  1. Libatkan Pelanggan Anda

Mari kita buat analogi, pendiri sebuah perusahaan pasti akan lebih memilih membeli produknya daripada produk lain. Sebut saja bos g*jek akan memesan transportasi untuk jalan-jalan ke mal, akankah ia justru memesan lewat aplikasi gr*b?

Mereka yang terlibat langung di sebuah perusahaan, baik itu bos, manajer hingga staf karyawan pasti akan menggunakan sekaligus merekomendasikan produk dari perusahaan tempatnya bekerja. 

Hal itu bisa Anda terapkan kepada pelanggan Anda. Cobalah beri mereka customer experienceyang unik dan berbeda, misalnya bertanya mengenai jenis inovasi yang mereka butuhkan, mengundang mereka untuk berkeliling di perusahaan Anda untuk melihat proses keseluruhan hingga produk diluncurkan, dan lain sebagainya.

  • Tambahkan Cerita Personal

Belakangan, produk berkualitas saja tidak bisa menjamin banyaknya pelanggan. Mereka menginginkan sebuah cerita dibalik terciptanya produk tersebut. Cerita yang menyentuh dan unik bisa menjadi nilai tambah bagi produk Anda. 

Misalnya saja, Anda pasti sering mendengar bagaimana perusahaan Apple hanya dimulai dari sebuah garasi kecil di California sebelum akhirnya berkembang menjadi perusahaan teknologi terkemuka di dunia. 

Kisah ini banyak terdengar kembali di kalangan anak muda yang baru mulai merintis startup. Secara tidak langsung, orang-orang tersebut ikut mempromosikan brand Apple tanpa dibayar. 

  • Kustomisasi

Pelanggan Anda-lah yang akan menggunakan produk Anda. Mereka yang tau produk seperti apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu, metode kustomisasi bisa menjadi daya tarik sendiri untuk menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Bagaimana caranya?

Anda bisa memberikan pilihan yang luas bagi pelanggan Anda. Misalnya di Ombe Kofie, disediakan jenis kopi regular dan strongtergantung pada kapasitas kadar kafein pelanggan. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut mereka akan mencari brand lain karena tidak sesuai dengan jenis produk yang Anda tawarkan.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai pentingnya inovasi dan bagaimana menciptakan produk yang unik dan berbeda. Bagaimana, sudah siap untuk menciptakan produk yang luar biasa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *