Slider

Meningkatkan Potensi Karyawan dengan Pelatihan-Pelatihan

Meningkatkan Potensi Karyawan dengan Pelatihan-Pelatihan

Perusahaan pada umumnya selalu mengadakan pelatihan bagi karyawannya, baik sebelum proses perekrutan maupun selama karyawan tersebut bekerja di perusahaan. Pelatihan ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menjaga performa dari karyawan agar selalu sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. 

Mari kita simak lebih lanjut mengenai pengertian program latihan, jenis-jenis, manfaatnya bagi karyawan maupun perusahaan serta bagaimana perusahaan ternama menerapkan sistem pelatihannya. 

Apa itu Program Latihan?

Pada dasarnya, program pelatihan adalah serangkaian acara atau program yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan karyawan, baik softskillmaupun hardskill, yang kemudian akan berdampak pada meningkatnya performa karyawan pada tugas dan pekerjaannya di perusahaan. 

7 Jenis Pelatihan bagi Karyawan

Pada umumnya, terdapat tujuh jenis pelatihan bagi karyawan, yaitu :

  1. Orientasi Awal

Setiap karyawan baru yang akan bekerja di sebuah perusahaan biasanya harus mengikuti orientasi awal. Tahap ini biasanya berlangsung selama satu minggu dan bertujuan untuk memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan perusahaan, diantaranya visi misi perusahaan, budaya perusahaan, struktur perusahaan, aturan perusahaan, dan lainnya. 

Sementara itu, masa ini juga digunakan untuk melengkapi berbagai dokumen yang harus diisi oleh karyawan baru serta kebutuhan administrasi lainnya. 

  • Pelatihan On-boarding

Berbeda dengan orientasi, on-boarding trainingmerupakan program pelatihan yang biasanya diadakan oleh tiap departemen. Pelatihan ini ditujukan untuk memudahkan karyawan untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan, serta toolsyang dapat mereka gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. 

On-boarding trainingbukan hanya tentang ilmu teknis, tapi juga pelatihan lain yang bisa membantu karyawan baru untuk bekerja secara lebih produktif. 

  • Pelatihan Teknis

Selain pelatihan on-boarding, perlu juga dilakukan pelatihan teknis yang sifatnya berkepanjangan selama masa kerja karyawan bersangkutan. Pelatihan teknis ini bisa berupa programming, analisis data, hingga manajemen media sosial. 

Meskipun karyawan bersangkutan telah memiliki bekal kemampuan teknis, pasti masih ada hal lain yang perlu ia pelajari untuk mengembangkan kemampuannya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. 

  • Pelatihan Softskill

Bukan hanya pelatihan teknis, pelatihan softskilljuga sama pentingnya bagi karyawan. Bagaimanapun, karyawan yang bekerja di perusahaan harus bekerjasama dengan rekan-rekannya. Kesenjangan softskilldari tiap anggota tim bisa menyebabkan performa tim secara keseluruhan menurun. 

Beberapa pelatihan softskillyang biasa diberikan kepada karyawan meliputi kemampuan kepemimpinan, komunikasi, presentasi, penyelesaian masalah, manajemen waktu, dan banyak lagi. 

  • Pelatihan Produk atau Layanan Baru

Perusahaan biasanya akan mengadakan inovasi-inovasi baru atau membeli peralatan baru guna menunjang operasional perusahaan. Pelatihan jenis ini diberikan untuk memberikan pengetahuan yang cukup kepada karyawan dalam menggunakan produk atau memberikan servis bersangkutan. 

  • Pelatihan Ulang

Meskipun karyawan telah bekerja dalam waktu lama, ada kemungkinan mereka membutuhkan pengetahuan dan pelatihan tambahan untuk menjaga kualitas kerja mereka agar tetap sesuai dengan teknologi terbaru. Oleh karena itu, pelatihan ulang bisa dilakukan dalam waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

  • Pelatihan Lintas Fungsi

Jenis pelatihan ini dilakukan pada karyawan antar divisi dengan tujuan untuk memperluas kemampuan karyawan selain bidang yang mereka kuasai. Sementara itu, hubungan antar karyawan juga bisa semakin erat sehingga kerjasama tim juga bisa ditingkatkan. 

Bagaimana Pelatihan Meningkatkan Potensi Karyawan

Pelatihan memiliki fungsi yang sangat signifikan bagi karyawan secara pribadi maupun perusahaan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Dengan diterapkannya berbagai program pelatihan, maka tiap karyawan akan bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka di bidangnya masing-masing yang jelas akan berpengaruh terhadap keberjalanan perusahaan pula. 

  • Jalan Pintas untuk Mencapai Target Perusahaan

Program pelatihan yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan karyawan tentu saja akan memberikan dampak positif pada performa karyawan pula. Secara tidak langsung, target dari tiap individual pun bisa lebih mudah tercapai. Apabila tiap karyawan memiliki kualifikasi yang tinggi, maka tujuan perusahaan juga akan lebih cepat tercapai.

  • Menemukan Karyawan dengan Potensi Lebih

Dengan mengadakan pelatihan, Anda mungkin saja bisa menemukan karyawan dengan kemampuan yang jauh lebih tinggi daripada rekan-rekannya. Selain kemampuan teknis, soft skillseperti manajemen waktu, kemampuan bekerja sama juga bisa menjadi salah satu pertimbangan yang penting untuk menentukan kemampuan seorang karyawan. 

Dari hasil pelatihan tersebut, Anda bisa menetapkan lebih lanjut jabatan atau posisi yang lebih tepat bagi tiap karyawan. Misalnya, staf bisa Anda promosikan ke jabatan manajer karena kinerjanya terlihat sangat baik ketika proses pelatihan. 

3 Tipe Pelatihan dari Perusahaan Ternama di Dunia

  1. Amazon

Siapa yang tidak mengenal perusahaan e-commerceternama asal Amerika ini? Dengan jumlah karyawan mencapai 250.000 orang, Amazon membayar terlebih dahulu 95% biaya pelatihan spesifik dari tiap karyawan. Sementara itu, setiap karyawan yang akan dipekerjakan oleh Amazon juga dibekali dengan pelatihan intensif selama satu bulan lamanya, termasuk latihan kepemimpinan.

  • Schneider Electric

Perusahaan yang bergerak di bidang manajemen energi dan automatisasi ini menawarkan program pelatihan yang sedikit berbeda dengan perusahaan lain, yaitu dalam bentuk Schneider Electric University yang berfokus pada pengetahuan umum berupa kepemimpinan, kemampuan fungsional hingga edukasi mengenai pelanggan. 

Sementara itu, diberikan juga fasilitas pelatihan berupa Schneider Energy University, yaitu program pelatihan online yang lebih membahas mengenai efisiensi energi dan pelatihan teknis lainnya. 

  • Marriott International Inc.

Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan jasa hotel dan penginapan, Marriott harus menjamin performa dari 200.000 karyawannya yang tersebar di seluruh dunia. 

Program pelatihan yang disediakan berupa pelatihan virtual dan langsung, yang mana meliputi pelatihan pengembangan karir hingga kehidupan profesional, misalnya cara memanajemen waktu, kepemimpinan dan keseimbangan kerja dan kehidupan. 

Bagaimana, apakah Anda sekarang sudah lebih memahami mengenai pelatihan dan fungsinya bagi perusahaan Anda? Tiap perusahaan memiliki program pelatihannya masing-masing. Temukan program yang memang sesuai dengan visi misi perusahaan Anda dan dorong karyawan Anda untuk mencapai potensi tertingginya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *