Slider

Pengaruh Brand Awareness Terhadap Perkembangan Usaha

Bagaimana Pengaruh Brand Awareness Terhadap Perkembangan Usaha?

Sebagai seorang pengusaha, Anda pasti pernah mendengar istilah brand awareness. Namun, apakah Anda benar-benar memahami apa arti istilah tersebut dan bagaimana cara menggunakan brand awareness untuk mengembangkan usaha Anda? Simak penjelasan berikut!

Apa itu Brand Awareness?

Ketika Anda membuat sebuah produk atau layanan, maka Anda perlu menciptakan suatu brand yang dapat dikenali dengan mudah oleh para pelanggan Anda. Sebelum kita mengenal lebih lanjut mengenai brand awareness, Anda harus memahami apa itu brand.

Pada dasarnya, brand bisa berarti berbagai hal yang diasosiasikan dengan sebuah perusahaan, mulai dari nama, desain, simbol, tone of voicedan lain sebagainya. 

Untuk mudahnya, mari kita lihat brand yang tidak asing lagi bagi para penggiat olahraga, NIKE. Ketika Anda mendengar brand NIKE, apa hal yang pertama Anda bayangkan? Pertama, hal yang ada di kepala Anda mungkin simbol centang yang melekat pada tiap produknya. Selanjutnya, mungkin slogannya yang berbunyi, “just do it” 

Pada akhirnya, Anda akan mengingat bahwa NIKE menjualproduk-produk olahraga mulai dari sepatu, training suit dan perlengkapan olahraga lainnya. 

Sementara itu, brand awareness berkaitan dengan bagaimana Anda membuat segala hal yang berkaitan dengan brand Anda tersebut bisa dikenal oleh pelanggan maupun calon pelanggan Anda.

Percuma jika Anda memiliki brand, namun tidak ada yang mengetahuinya. Sebaliknya, sebuah brand yang telah dikenal oleh banyak orang akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan Anda, mulai dari peningkatan penjualan dan lain sebagainya.

Bagaimana Brand Awareness Bisa Membuat Usaha Anda Berkembang?

Dengan terciptanya brand awareness, diharapkan pelanggan langsung mengingat dan membeli produk Anda ketika mereka membutuhkan sesuatu. Jika Anda bergerak di bidang fashion, buatlah agar pelanggan langsung menyebutkan brand Anda ketika mereka membutuhkan baju, jaket dan lainnya.

Ketika hal tersebut terjadi, maka akan mudah bagi Anda untuk :

  1. Mempromosikan bisnis Anda

Biasanya, mempromosikan bisnis membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena perlunya berbagai channel berbayar. Jika brand awareness sudah Anda bangun, maka mempromosikan bisnisAndatidak akan terasasulit lagi.

  • Mengenalkan produk atau jasa baru

Ketika audiens telah merasa familier dengan brand dan bisnis Anda, mereka tidak akan ragu untuk menggunakan produk atau layanan baru yang Anda kembangkan. Hal ini karena mereka sudah terbiasa ketika menggunakan produk Anda dan tidak ingin membuang waktu untuk belajar menggunakan produk dari brand lain. 

Contohnya, Anda pasti tau bagaimana produk Apple memiliki penggemar di seluruh dunia. Padahal, harga yang ditawarkan berkali-kali lipat lebih tinggi dari produk kompetitor. Namun, pelanggan setia Apple tetap memilih produk mereka karena telah terbiasa dengan user experience yang diberikan produk tersebut. Itulah kekuatan utama dari brand awareness. 

  • Membangun reputasi bisnis

Reputasi adalah nyawa dari sebuah bisnis. Sebuah bisnis dengan reputasi yang baik akan lebih mudah menarik pelanggan baru, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, jangan hanya berfokus pada jumlah pemasukan yang Anda terima, melainkan bagaimana penilaian pelanggan terhadap produk dan layanan yang Anda berikan.

  • Bisnis Anda vs kompetitor

Akan sangat naif untuk berpikir bahwa bisnis Anda tidak memiliki kompetitor. Jika Anda tidak terus berupaya untuk menghasilkan inovasi baru, ada kemungkinan bisnis Anda akan tertinggal dari saingan Anda. 

Ketika Anda sudah membangun brand awareness, maka brand Anda akan jauh lebih menonjol dibandingkan kompetitor-kompetitor Anda, sehingga Anda tidak perlu takut akan dilupakan oleh pelanggan Anda. 

  • Menemukan pelanggan baru, sekaligus mempertahankan pelanggan yang lama.

Berhubungan dengan poin bahasan sebelumnya. Kompetisi semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Masalah yang seringkali timbul adalah bagaimana mempertahankan pelanggan lama Anda sekaligus menemukan pelanggan baru ketika apa yang ditawarkan kompetitor lebih baik dari bisnis Anda?

Disinilah peran utama dari brand awareness. Dengan membangun ikatan yang kuat antara pelanggan dan brand Anda, maka Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pelanggan lama Anda. 

Bagaimana Cara Menciptakan Brand Awareness?

Anda telah mengetahui kehebatan brand awareness. Pertanyaan utamanya, bagaimana cara menciptakan brand awareness secara tepat?

Secara umum, terdapat dua metode yang dapat Anda gunakan, yaitu gratis dan berbayar. Jika budget Anda terbatas, manfaatkanlah media sosial dan teknik SEO. Media sosial seperti Facebook dan Instagram bisa menjadi sarana yang sangat kuat untuk menciptakan brand awareness.

Anda pasti pernah mendengar bahwa gambar seharga ribuan kata, bukan? Kedua media sosialini bisa memanfaatkan gambar secara optimum untuk mempromosikan produk-produk Anda. Bukan hanya itu saja, media ini juga membuka komunikasi dua arah yang akan membuat pelanggan Anda merasa dihargai dan dimengerti. 

Bagaimana dengan SEO? Ketika kita berbicara tentang membangun brand awareness melalui website maupun blog, SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu teknik yang tidak boleh Anda lewatkan. Mengapa begitu?

Dunia internet sudah semakin berkembang. Ketika calon pelanggan Anda membutuhkan informasi maupun produk, bisa diduga bahwa mereka kemungkinan akan langsung menjelajahi internet dengan menggunakan mesin pencari. Masalahnya, kemunginan besar mereka tidak akan melihat halaman lain selain halaman pertama atau kedua dari mesin pencari. 

Tugas besar bagi Anda, bagaimana membuat bisnis Anda berada di halaman pertama mesin pencari dan dikenal oleh calon pelanggan Anda. 

Jika Anda ingin cara cepat, gunakanlah metode berbayar. Pilihan pertama adalah Adsense. Dengan menggunakan metode Adsense, Anda bisa menyasar audiens yang Anda inginkan, sehingga Anda bisa memperoleh laba atas investasi (ROI) yang lebih besar pula.

Cara berikutnya adalah bekerjasama dengan influencer. Dengan metode ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari audiens baru karena tiap influencer biasanya sudah memiliki audiens mereka sendiri.

Anda bisa meminta mereka mengulas atau membahas produk Anda dengan audiens mereka melalui media sosial. Cara lain adalah menggunakan sistem sponsor, yaitu meminta mereka menggunakan produk Anda pada acara-acara nasional maupun internasional. 

Jika Anda sudah bisa meningkatkan brand awareness usaha Anda, maka akan besar kemungkinan bisnis Anda akan bisa berekspansi secara cepat ke berbagai daerah. Coba terapkan pada bisnis Anda dan lihat bagaimana hasilnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *