Slider

Pentingnya Negosiasi dalam Berkomunikasi

Simak, Ini Pentingnya Negosiasi dalam Berkomunikasi!

Anda pasti pernah mendengar istilah negosiasi. Dalam kehidupan karier maupun pribadi, menguasai kemampuan negosiasi adalah hal yang sangat penting. 

Banyak tokoh-tokoh sukses yang berhasil mendirikan perusahaan ternama atau bahkan mengubah dunia dengan menggunakan kemampuan negosiasi. Lihat saja Nelson Mandela, Perdana Menteri Inggris Tony Blair hingga Presiden AS Barack Obama.  

Ingin menguasai kemampuan negosiasi seperti tokoh-tokoh di atas? Simak penjelasan lengkap di bawah ini!

Apa itu Negosiasi?

Dalam negosiasi, terdapat dua atau lebih pihak yang mengadakan diskusi untuk mencapai suatu persetujuan bersama. 

Biasanya, negosiasi melibatkan sikap kompromi, yang mana pihak yang satu harus menurunkan standar atau penilaiannya demi memenuhi tuntutan dari pihak yang lain.

Negosiasi bisa terjadi antara berbagai macam pihak, baik antar pembeli dan penjual, pemberi kerja dan pencari kerja hingga antar pemerintah dari tiap negara.

Pengertian Komunikasi

Sementara itu, komunikasi merupakan pengiriman pesan atau informasi dari pemberi pesan kepada penerima pesan. 

Secara umum, terdapat empat jenis komunikasi, yaitu verbal, non-verbal, tertulis dan visual.

Verbal melibatkan komunikasi yang dilakukan secara lisan baik secara langsung (face-to-face) maupun tak langsung (radio atau televisi)

Non-verbal adalah komunikasi yang melibatkan gestur berupa gerakan tangan, cara seseorang berdiri dan lain sebagainya.

Sementara itu, dua komunikasi terakhir ini mungkin yang paling berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan. 

Komunikasi tertulis dulu hanya melibatkan komunikasi melalui surat kabar atau buku. Seiring perkembangan internet, komunikasi tertulis selalu digunakan tiap harinya, baik melalui media sosial maupun email.

Bentuk komunikasi lain yang jauh lebih kuat adalah visual. Baik melalui media sosial maupun presentasi, komunikasi berupa video, gambar maupum grafik sangatlah berguna dan mudah untuk dipahami.

Mengapa Negosiasi Penting?

Ketika mendengar kata negosiasi, kebanyakan orang mungkin akan membayangkan bisnis. Namun, negosiasi terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menguasai kemampuan negosiasi.

  1. Membangun hubungan yang baik

Seperti yang banyak orang bilang, setiap manusia memang unik dan berbeda. Masalahnya, perbedaan ini seringkali berujung pada perselisihan.

Padahal, tidak harus begitu, bukan? Setiap orang memang berbeda, namun tidak ada hal yang salah dengan hal tersebut. Dengan memiliki kemampuan bernegosiasi, maka Anda bisa menjaga hubungan baik meski memiliki perbedaan dengan teman, rekan, atau bahkan orang lain yang baru Anda kenal.

  • Menemukan solusi jangka panjang

Bayangkan Anda harus menghadapi perselisihan akibat perbedaan pendapat baik di lingkungan sehari-hari maupun lingkungan kerja. Terkadang di situasi tersebut, Anda mau tidak mau mengambil solusi jangka pendek yang disetujui oleh suara mayoritas.  

Dengan kemampuan bernegosiasi yang baik, Anda akan bisa menemukan solusi jangka panjang yang memberikan manfaat maksimum bagi Anda namun juga sesuai dengan pemikiran orang-orang yang lain. 

  • Menghindari konflik

Ketika terjadi konflik, dimanapun Anda berada, pekerjaan dan produktivitas Anda akan sangat menurun. Dengan mengandalkan kemampuan bernegosiasi, Anda bisa berkompromi dan menghindari konflik dengan teman, rekan kerja, bawahan hingga atasan Anda. 

Cara Meningkatkan Kemampuan Negosiasi

  1. Persiapan

Tidak semua orang dianugerahi kemampuan negosiasi dari sejak lahir. Oleh karena itu, persiapan secara menyeluruh bisa jadi salah satu langkah utama untuk melakukan negosiasi yang membuahkan hasil baik. 

Sebelum negosiasi dimulai, persiapkan hal-hal apa saja yang akan Anda tawarkan ketika negosiasi. Sementara itu, Anda juga bisa berlatih role-playing dengan teman atau keluarga Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan respon dari lawan bicara Anda dan apa yang akan Anda katakan selanjutnya. 

  • Belajar dari yang Ahli

Berlatih dan membaca buku saja tidak cukup untuk membuat Anda mahir dalam bernegosiasi. Jika Anda ingin menguasai negosiasi dalam waktu singkat, maka Anda harus belajar dari ahlinya. 


Seseorang yang jago bernegosiasi seharusnya akan membantu Anda menentukan tujuan dari negosiasi Anda, memberi saran konsisten yang sesuai dengan gaya bernegosiasi mereka, serta menerapkan pendekatan-pendekatan negosiasi yang baru dan berbeda.

  • Mengetahui Kesalahan-Kesalahan dalam Bernegosiasi

Salah satu tips utama untuk sukses bernegosiasi adalah dengan mengetahui kesalahan-kesalahan apa yang seharusnya Anda hindari. Beberapa diantaranya adalah sikap kurang percaya diri atau justru terlalu percaya diri. Posisikan diri Anda sewajarnya dan buatlah lawan bicara merasa nyaman, sehingga solusi terbaik pun dapat tercapai. 

Sementara itu, hindari sikap tidak berempati dan egois. Cobalah memposisikan diri Anda pada pihak lawan bicara, cari apa yang mereka mau, batasan-batasan yang tidak bisa mereka toleransi dan sebagainya. Bagaimanapun, pahamilah lawan bicara Anda sebaik mungkin agar negosiasi bisa berjalan lancar. 

  • Belajar dari Sejarah

Pepatah mengatakan, “Orang bodoh belajar dari pengalaman, sementara orang cerdas belajar dari sejarah.” Memang, banyak yang mengatakan bahwa kegagalan bisa menjadi pelajaran. Namun, akan lebih baik jika Anda belajar dari kesalahan orang lain, bukan?

Baik melalui artikel, esai atau buku, Anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan fatal yang pernah dilakukan orang-orang ketika bernegosiasi dan bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan pada akhirnya. 

Sebagai contohnya, dalam “DealBook”, Davidoff mengungkapkan bagaimana negosiasi tergesa-gesa yang dilakukan oleh pemerintah Amerika untuk menyelamatkan perusahaan mobil Chrysler justru mengakibatkan dampak buruk berkepanjangan. 

  • Belajar Mengendalikan Emosi

Negosiasi adalah tindakan profesional. Jangan sampai Anda terjebak dalam emosi semata dan justru gagal untuk mendapatkan solusi terbaik. Oleh karena itu, cobalah untuk melihat situasi secara rasional tanpa melibatkan emosi pribadi, sehingga keputusan yang Anda ambil benar-benar masuk akal. 

Komunikasi bukanlah hal yang mudah. Baik itu dalam kehidupan sehari-hari maupun profesional. Banyak yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik dan mengalami kegagalan karier maupun hubungan pribadinya. Negosiasi adalah salah satu teknik komunikasi yang jauh lebih sulit lagi. Perlu pengetahuan dan pengalaman bertahun-tahun untuk bisa menguasainya secara sempurna.

Namun ketika Anda berhasil menguasai teknik ini, maka akan sangat mudah untuk mencapai tujuan-tujuan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *