Slider

Tips Ampuh Untuk Memaksimalkan Penjualan dengan Facebook

5 Tips Ampuh Untuk Memaksimalkan Penjualan dengan Facebook

Selain Instagram, Facebook adalah media sosial lain yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk maupun servis Anda. DI tahun 2018, Facebook bahkan telah mengantongi 2,375 juta pengguna aktif per bulannya. Apabila dilihat secara engagement, rata-rata tiap pengguna setiap harinya akan menyukai 10 post, membuat 4 komentar, serta mengeklik iklan sebanyak 8 kali

Dari data-data tersebut, Anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana peran facebook sebagai media marketing sebuah bisnis, bukan? Jika Anda ingin memaksimalkan penjualan melalui Facebook, ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan. 

  1. Post danEngagement

Audiens mencari konten. Konten yang menarik akan memperoleh engagement berupa likecomment, dan yang paling penting share. Pertanyaan utamanya, bagaimana cara memperoleh engagementtersebut? Membuat postbukanlah hal yang sulit, namun untuk bisa membuat postmenarik yang memperoleh respon positif dari audiens tidaklah semudah yang Anda bayangkan. 

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan Anda, jangan langsung berfokus untuk mempromosikan produk Anda. Pengguna membenci promosi dan mereka mencintai konten yang beresonansi langsung dengan diri mereka.

Lalu, bagaimana caranya menciptkan konten seperti itu?

Pertama, perencanaan. Ya, Anda membuat bisnis. Berbeda dengan akun pribadi, Anda tidak bisa seenaknya memposting konten sesuai dengan suasana hati Anda. Konten membutuhkan perencanaan. Misalnya, di hari Minggu, Anda membuat konten mengenai fakta-fakta unik. Di hari Senin, Anda membuat konten komedi dan seterusnya. 

Dengan beragamnya jenis konten, maka audiens juga tidak akan merasa bosan karena terus-menerus dipaparkan dengan produk Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur “promote page” yang bisa Anda temukan di sebelah kanan bawah post Anda. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa memfokuskanpostAnda pada target audiens tertentu. 

Misalnya, toko Anda berada di daerah Jakarta, maka Anda bisa menarget posttersebut untuk orang-orang di Jakarta agar mereka datang dan membeli produk Anda. 

  • Bukan Hanya Isi Konten, Variasikan Juga Format Postingan

Sebagai pengguna Facebook, Anda pasti familiar dengan fitur carousel. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat slideshowfoto. Lalu, apa kelebihannya? Pertama, fitur ini membuat hasil posting Anda lebih menarik dan interaktif. 

Pembeli biasanya ingin melihat keseluruhan bagian dari sebuah produk. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa menunjukkan keseluruhan produk Anda hanya dalam satu post. Dengan begitu, biaya keseluruhan untuk promosi suatu produk juga bisa ditekan. 

Sementara itu, Anda juga bisa memanfaatkan format video. Selain lebih interaktif, algoritma Facebook juga cenderung mengutamakan konten video dibandingkan gambar, sehingga memungkinkan konten Anda untuk lebih mudah menjangkau audiens.  

  • Lalu, Bagaimana dengan Konten Produk?

Engagement saja tidak cukup, bukan? Anda membutuhkan pelanggan dan mereka bisa datang dari audiens Anda. Namun, yang harus Anda pikirkan adalah bagaimana mereka ingin menggunakan produk Anda. 

Pertama, pastikan Anda benar-benar mengenal audiens Anda. Ketahui apa yang audiens Anda sukai dan produk apa yang mereka butuhkan. Setelahnya, Anda cukup membuatpostdengan gambar dan captionyang menarik, sehingga mereka berminat untuk membeli dan menggunakan produk Anda. 

Sementara itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur targeting yang berfungsi untuk menentukan spesifikasi dari target audiens yang Anda inginkan berdasarkan berbagai faktor mulai dari perilaku mereka, rentang umur hingga jumlah pendapatan mereka. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengoptimasi secara maksimum tiap jenis promosi Anda. 

  • Berikan Diskon

Facebook menyediakan fitur “Get Offer” yang bisa digunakan untuk memberikan diskon pada produk Anda. Pembeli mencintai diskon dan Facebook memaksimalkan fiturnya sedemikiran rupa, sehingga pembeli bisa mengklaim kupon diskon langsung dari halaman Facebook dan menggunakannya ketika akan membeli produk di website Anda. 

Sementara itu, terdapat juga informasi mengenai jumlah orang yang telah mengklaim kupon tersebut. Dengan begitu, audiens juga lebih termotivasi untuk mengeklik kupon tersebut karena banyak orang lain yang juga telah melakukan hal yang sama. 

  • Menjual Tanpa Terlihat Menjual

Tren masyarakat telah berubah. Mereka tidak lagi suka untuk membeli barang melalui iklan yang terlalu muluk. Jika Anda ingin menggunakan Facebook untuk meningkatkan penjualan, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya mempromosikan sebuah acara atau memperkenalkan brand Anda.

Anda tidak perlu menjual sebuah produk, namun Anda bisa mengadakan sebuah acara dan mengajak orang-orang untuk menghadiri acara tersebut. Setelahnya, Anda bisa menggunakan acara tersebut untuk mempromosikan produk Anda secara tidak langsung. Sebagai contoh, jika Anda memiliki toko baju, maka Anda bisa mengadakan acara busana untuk menarik para penggiat fashion lokal maupun multinasional. 

Cara lain adalah dengan menyebarkan identitas brand Anda. Tiap brand memiliki identitasnya masing-masing. Untuk rencana jangka panjang, memperkenalkan brand Anda akan jauh lebih penting daripada menjual sebuah produk.

Tentu saja pada produk, Anda bisa menggunakan tombol CTA “belanja sekarang” yang langsung bisa mengarah pada pembelian produk. Namun, bagaimana kelanjutannya?

Persaingan bisnis semakin ketat dan tiap brand harus memiliki caranya masing-masing agar bisa memiliki pembeli yang setia dan benar-benar mencintai brand mereka. 

Itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan penjualan Anda dengan menggunakan Facebook. Jika Anda melakukan metode ini secara tepat, Anda mungkin bisa memperoleh peningkatan penjualan yang jauh lebih tinggi daripada yang bisa Anda harapkan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan media Facebook untuk mempromosikan produk Anda? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *