Slider

Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Bagaimana Cara Membuat Laporan Laba Rugi?

Bagi seorang pebisnis, membuat laporan keuangan adalah hal yang wajib dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari bisnis tersebut sekaligus menentukan kinerja keuangan perusahaan dalam kurun waktu tertentu. 

Salah satu laporan keuangan yang wajib dibuat adalah laporan laba rugi atau yang sering disebut sebagai income statement. Apa itu laporan laba rugi dan bagaimana cara membuatnya secara tepat? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Apa Itu Laporan Laba Rugi?

Secara umum, laporan laba rugi dibuat untuk menggambarkan berapa biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dan laba yang diperoleh dalam periode tertentu. 

Apabila dilihat secara khusus, tiap ahli memiliki pengertiannya sendiri mengenai laporan laba rugi. Menurut ahli ekonomi Najmudin, laporan laba rugi dapat diperoleh dengan membandingkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan, yang mana kemudian dapat ditentukan laba atau rugi bersih dalam periode tertentu. 

Suad Husnan, staf pengajar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM memberikan penjelasan yang lebih singkat mengenai laporan laba rugi, yang mana hanya berfokus pada laba bersih yang diperoleh perusahaan dalam waktu tertentu. 

Sony Warsono tidak melihat laporan laba rugi sebagai gambaran akan keuntungan dan kerugian yang diperoleh perusahaan dalam waktu tertentu, melainkan lebih kepada hasil usaha yang dicapai perusahaan dalam periode waktu tertentu. 

Sementara itu, berdasarkan pernyataan standar akutansi keuangan, laba rugi bisa diperoleh dengan mengurangi total pendapatan dan beban perusahaan namun tidak termasuk pendapatan komprehensif lainnya. 

Fungsi dan Tujuan Laporan Laba Rugi

Menyusun laporan laba rugi bukanlah hal yang mudah, namun terdapat banyak manfaat yang bisa Anda peroleh, diantaranya adalah :

  1. Mengetahui apakah perusahaan Anda merugi atau untung. Jika rugi, maka harus ada manajemen perusahaan yang Anda ubah untuk meminimalisir biaya operasional misalnya dengan memangkas tenaga kerja dan menggunakan otomisasi untuk hal-hal yang rutin dilakukan. 
  2. Fungsi selanjutnya berhubungan dengan fungsi sebelumnya, yaitu untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil perusahaan di periode berikutnya. 
  3. Sementara itu, laporan laba rugi juga bisa digunakan untuk analisis usaha, yang mana kemudian dapat ditentukan pertumbuhan dari suatu bisnis serta langkah-langkah yang akan diambil untuk memajukan sebuah bisnis agar dapat diperoleh laba yang lebih besar. 
  4. Mengetahui jumlah pajak yang harus Anda bayarkan. 
  5. Sebagai acuan bagi investor maupun kreditur untuk menentukan kelayakan transaksi bisnis dengan perusahaan Anda. 

Komponen-Komponen dalam Laporan Laba Rugi

Dalam laporan laba rugi, terdapat beberapa komponen yang harus tercantum, yaitu :

  1. Pendapatan (revenue) berupa pemasukan atau penambahan aktiva lainnya.
  2. Kewajiban (expense) berupa pengeluaran atau penggunaan aktiva lainnya.
  3. Keuntungan (profit) merupakan penambahan ekuitas dalam bentuk transaksi periferal maupun investasi. 
  4. Kerugian (loss) merupakan penurunan ekuitas dalam bentuk transaksi periferal. 

Jenis-Jenis Laporan Laba Rugi

Berdasarkan formatnya, laporan laba rugi bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu single step dan multiple step. 

Pada laporan laba rugi single step, laporan dibedakan menjadi dua bagian yaitu pendapatan atau keuntungan dan kewajiban atau kerugian. 

Setelahnya, tiap bagian tersebut dipisahkan lagi menjadi sub-bagian masing-masing tergantung pada asal dananya. Misalnya, pendapat bisa berasal dari penjualan bersih dan pendapatan bunga, sementara pengeluaran bisa diperoleh dari biaya operasional dan beban bunga. 

Pada bagian paling bawah laporan, akan diperoleh nilai keuntungan atau rugi yang berasal dari selisih antara pendapatan dan beban perusahaan. 

Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan format laporan laba rugi multiple step. Jenis laporan ini sedikit lebih rumit karena pendapatan atau beban yang berasal langsung dari bisnis dibedakan dengan yang berasal dari luar bisnis. 

Sebagai contohnya, pengeluaran dalam bisnis seperti beban upah, iklan atau asuransi yang termasuk ke dalam beban operasional dikelompokkan dalam satu bagian, sementara beban luar bisnis seperti beban bunga dan kerugian karena terjadinya kerusakan dikelompokkan dalam bagian yang lain. Hal yang sama juga dilakukan pada pendapatan.

Bagian akhir laporan laba rugi multiple step juga berisi keuntungan atau kerugian akhir yang diperoleh perusahaan dalam periode tertentu. 

Langkah-Langkah Menyusun Laporan Laba Rugi Secara Mudah

Baik laporan single step maupun multiple step, hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menuliskan judul laporan meliputi nama perusahaan Anda, nama laporan, serta periode dari laporan tersebut. 

Setelahnya, baru Anda menulis isi dari laporan tergantung pada format yang ingin Anda gunakan. Apabila menggunakan format single step, maka caranya relatif mudah. 

Anda hanya perlu menulis setiap pendapatan yang diperoleh perusahaan Anda, lalu menuliskan seluruh beban perusahaan pada periode bersangkutan dan menghitung selisih pendapatan dan beban untuk menentukan keuntungan maupun kerugian perusahaan. 

Format multiple step relatif lebih sulit karena Anda harus memisahkan pendapatan dan beban berdasarkan asalnya. Pertama-tama, tulislah pendapatan usaha, lalu beban usaha Anda dan akan diperoleh keuntungan usaha atau rugi usaha. 

Setelahnya, Anda perlu juga menuliskan pendapatan dan beban yang didapatkan dari luar usaha. Kemudian, bisa diperoleh keuntungan atau kerugian di luar usaha. 

Sekarang, Anda sudah mendapatkan laba rugi usaha dan di luar usaha. Dengan menjumlahkan keduanya, maka dapat diperoleh laba rugi bersih sebelum pajak. Setelahnya, laba rugi setelah pajak dapat diperoleh dengan mengurangi laba rugi tersebut dengan pajak penghasilan. 

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat laporan laba rugi, mungkin akan merasa tidak terbiasa dan membuat banyak kesalahan. Namun tenang saja, seiring dengan latihan dan kebiasaan, maka dijamin kemampuan Anda untuk membuat laporan laba rugi juga akan semakin baik. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *