Slider

Tips-Tips Penting Memahami Laporan Keuangan

Tips-Tips Penting Memahami Laporan Keuangan

Jika Anda merupakan pemilik bisnis kecil hingga menengah, memahami laporan keuangan adalah salah satu keahlian yang harus Anda kuasai. Mengapa demikian?

Secara sederhananya, setiap rencana yang Anda buat kedepan akan membutuhkan uang. Katakanlah, Anda ingin membeli peralatan baru, mempekerjakan karyawan baru atau mencari kantor yang lebih luas agarkerja karyawan Andalebih optimal. Tanpa perencanaan keuangan yang jelas, segala hal tersebut tidak akan bisa Anda lakukan.

Untuk bisa merencanakan keuangan, Anda harus bisa memahami laporan keuangan bisnis Anda. Pertanyaan utamanya, bagaimana cara memahami laporan keuangan, ketika Anda bahkan tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi? Berikut beberapa hal mengenai laporan keuangan yang wajib Anda ketahui, termasuk tips-tips memahami laporan keuangan. 

Pengertian Laporan Keuangan 

Tiap ahli ekonomi memiliki pengertian sendiri-sendiri mengenai laporan keuangan. Sebagai contohnya, Lili M. Sadeli yang kerap kali membuat buku-buku finansial dan akuntansi mengungkapkan bahwa laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang mengandung proses identifikasi, pengukuran, dan laporan informasi ekonomi yang digunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan finansial yang tepat. 

Sementara itu, Soyfan Syahri Harahap, mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti yang telah menulis beberapa buku akuntansi terkenal seperti “Teori Akuntansi”, “Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan”, dan “Budgeting” menyatakan bahwa laporan keuangan seharusnya menggambarkan kondisi keuangan serta hasil usaha perusahaan dalam rentang waktu tertentu. 

Standar Akuntansi Keuangan (SAK), sebuah standar praktik yang diterbitkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan bentukan Ikatan Akuntan Indonesia menyatakan bahwa laporan keuangan merupakan hal yang harus ada ketika pelaporan keuangan dilakukan, yang mana meliputi : neraca keuangan, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan lainnya. 

Siapa yang Membuat Laporan Keuangan?

Jika Anda berpikir bahwa laporan keuangan harus dibuat oleh akuntan, kenyataannya tidak juga. Meskipun seorang akuntan profesional bisa memberikan Anda masukan dan saran terkait manajemen perusahaan yang berkaitan dengan penggunaan anggaran, ada kalanya sulit untuk menemukan seorang akuntan yang bisa dipercaya memegang keuangan perusahaan Anda. 

Jika begitu, bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk turnoverkaryawan hingga menemukan akuntan yang kompeten sekaligus dapat dipercaya. Daripada sakit kepala memikirkan hal tersebut, akan lebih mudah menggunakan alternatif lain seperti software accounting. 

Kelebihan dari software accounting adalah kerjanya yang otomatis, sehingga kelalaian bisa diminimalisir. Sementara itu, software accounting biasanya bisa diintegrasikan secara mudah apabila terdapat perubahan struktur keuangan perusahaan seperti diantaranya terjadinya merger atau akuisisi. 

Tentu saja software accounting juga memiliki beberapa kekurangan seperti penggunaan software oleh berbagai user yang meningkatkan kemungkinan bocornya informasi keuangan internal perusahaan kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Sementara itu, dibutuhkan juga waktu lebih untuk mempelajari fitur-fitur yang ada dalam software dan bagaimana menggunakannya secara optimum. 

Tips Memahami Laporan Keuangan Secara Cepat

Laporan mengandung banyak informasi, yang mana tidak mungkin bisa Anda cerna semuanya dalam waktu singkat. Padahal, Anda masih memiliki pekerjaan lain yang menunggu untuk diselesaikan. Solusinya adalah bagaimana caranya memahami laporan keuangan secara efektif dan berusaha menemukan informasi yang Anda butuhkan dalam waktu singkat. Berikut beberapa tipsnya.  

  1. Memiliki Mindset yang Tepat

Laporan keuangan memiliki banyak konten dan mungkin Anda akan merasa pusing dan terbebani ketika pertama kali melihatnya. Itu karena Anda tidak mengetahui hal apa yang penting dari laporan keuangan Anda. 

Sebagai contoh, Anda hanya perlu menemukan profit dari laporan laba rugi, sementara bagian yang paling penting dari laporan neraca keuangan adalah saldo kas. Cukup analisis bagian yang menurut Anda penting dan bandingkan dengan laporan keuangan lainnya. 

  • Kembangkan Kemampuan Accounting Anda

Tidak perlu menjadi pakar akuntansi, paling tidak Anda harus memahami istilah-istilah dasar dalam ilmu akuntansi untuk bisa menganalisis laporan keuangan secara mudah. 

  • Ketidaknormalan Adalah Normal

Dalam laporan keuangan, Anda mungkin menyadari adanya pendapatan atau pengeluaran tidak biasa yang akan berpengaruh pada jumlah profit Anda. Nyatanya, hal ini bisa terjadi pada tiap bisnis. Selama kasus demikian hanya terjadi sekali-sekali dan tidak mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan profit berkepanjangan, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. 

  • Pastikan Profit Berasal dari Aliran Kas

Memperoleh uang dari penjualan aset atau peminjaman bank mungkin bisa dilakukan, tapi Anda tidak bisa melakukannya dalam jangka waktu panjang. Terlebih di perusahaan startup, banyak yang mengandalkan kas dari pendanaan investor, lagi dan lagi. Namun ketika laporan keuangan menunjukkan aliran kas yang negatif, Anda harus mulai was-was. 

Biaya operasional dan lain sebagainya seharusnya berasal dari profit yang Anda peroleh dari aliran kas. Semakin cepat aliran kas dalam menghasilkan profit, maka bisnis Anda akan semakin mudah untuk berkembang. 

  • Apakah Finansial Anda Baik-Baik Saja?

Sekilas, Anda merasa bahwa bisnis Anda memiliki jumlah penjualan yang baik dan profit yang tinggi, namun ketika waktu membayar hutang maupun kebutuhan operasional lainnya, Anda kelabakan karena ternyata saldo Anda menjadi minus. Pertanyannya, apakah hal ini masih menandakan bahwa bisnis Anda mengalami keuntungan?

Bisnis tidak bisa berjalan jika Anda tidak memiliki pendanaan yang cukup untuk membiayai kebutuhan operasional. Ketika keuntungan penjualan tidak bisa menutupi biaya operasional, bagaimana bisnis bisa berjalan?

Itu dia beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai laporan keuangan termasuk tips-tips penting untuk memahami laporan keuangan dalam waktu singkat. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *